Jakarta

Masa jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo akan menjalani masa pensiun. Santer terdengar posisinya akan diganti Marsdya Tonny Harjono yang kini menjabat sebagai Pangkogabwilhan II TNI AU.

Kabar Tonny Harjono menggantikan Fajar Prasetyo juga terdengar di Senayan. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengkonfirmasi hal tersebut.

“2 hari lalu si info nya dari kawan-kawan (mendengar kabar itu),” kata Bobby.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun sejauh ini Bobby mengatakan belum ada informasi resmi dari pemerintah.

“Tapi belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah,” ujarnya.

Bobby menuturkan dari pengalaman yang sudah-sudah, kandidat termuda yang berpeluang besar diajukan sebagai kepala matra, dalam hal ini Tonny. Rekam jejak Tonny, lanjut Bobby, juga kuat pada hal-hal yang beririsan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Melihat Panglima, KSAD, Kapolri rata-rata muda. Dan Pak Tonny adalah angkatan Alumni Akademi Angkatan Udara (tahun) 93, bintang tiga yang termuda. Dan sejak kolonel juga jabatannya sering beririsan dengan kegiatan Presiden sebagai Sesmilpres, Danlanud di Solo,” terang Bobby.

Diketahui, Marsekal Fadjar dilantik menjadi KSAU pada 20 Mei 2020 lalu. Pelantikan berdasarkan Keppres Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara dan Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI.

Marsekal Fadjar lahir pada 9 April 1966. Artinya, pada 9 April 2024 ia akan berusia 58 tahun dan memasuki usia pensiun. Hal ini merujuk Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI). Pada pasal 53 UU TNI disebutkan prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara dan tamtama.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *