Jakarta

Dua pekan menjelang Lebaran, Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, mulai padat. Salah satu penumpang, Wisnu Abie, mengaku memilih pulang kampung atau mudik lebih awal.

Wisnu mengatakan memang sedari awal merencanakan mudik lebih awal agar mendapat harga tiket murah. Dia pun telah memesan tiket keberangkatan sejak sebulan lalu.

“Aku dari Bangka Belitung, tiket pesawat Rp 800 ribu, kalau kereta dapat sekitar Rp 260 ribu. (Alasan mudik lebih awal) ya biar tiket lebih murah,” kata Wisnu saat ditemui di Stasiun Pasar Senen Sabtu (30/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pria 23 tahun itu mengaku lebih nyaman menggunakan moda transportasi kereta api daripada bus. Selain itu, dia mengatakan dapat tiba ke rumah lebih cepat jika menggunakan kereta.

“Lebih enak naik kereta, lebih cepat, nyaman, enak” katanya.

Wisnu menceritakan dia berangkat dari tempatnya mengais rezeki di Kepulauan Bangka Belitung pada pukul 10.45 WIB. Namun sebelum itu dia harus menempuh jalan darat selama dua jam menuju bandara.

Wisnu sendiri hendak mudik ke Kebumen, Jawa Tengah setelah setahun penuh tak bertemu keluarga. Ia memanfaatkan momen mudik lebaran untuk menetap hingga sebulan di kampung halaman.

“(Mau ketemu) Keluarga di Kebumen. Lagi susah ekonomi juga di Bangka, ada urusan juga di kampung,” imbuh Wisnu.

Sebelumnya, Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA selama masa Lebaran 2024 di area Daop 1 Jakarta belum mencapai 100 persen. Saat ini, kata dia masih terdapat sekitar 355 ribu kursi yang tersedia.

Jumlah itu dari ketersediaan 957.138 kursi yang ada mulai dari tanggal 31 hingga 21 April 2024. Adapun yang telah terjual sebanyak 610.634 tiket.

“Dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 957.138 seat atau 43.506 seat perharinya. Dan sudah terjual sampai dengan saat ini sebanyak 610.634 seat atau 27.756 seat rata-rata per harinya,” kata Ixfan.

“Jadi masih terdapat sisa seat kurang lebih 355.799 seat atau 16.174 seat per harinya,” tambahnya.

Karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api untuk memesan tiket pada 30 Maret hingga 3 April.

“KAI menghimbau kepada calon penumpang jasa angkutan kereta api bagi yang belum dapat tiket angkutan lebaran bisa memilih tanggal keberangkatan pada tanggal 31 Maret sampau 3 April 2024. Untuk tanggal tersebut, masih tersedia tempat duduk untuk keberangkatan kurang lebih 40 persen sampai 61,8 persen,” pungkasnya.

(ond/azh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *