Jakarta

Hari Buku Anak Internasional (International Children’s Book Day) diperingati setiap 2 April. Peringatan ini dalam rangka membawa kesadaran untuk membaca dan betapa pentingnya hal itu dalam membentuk pikiran anak-anak di masa depan.

Hari Buku Anak Internasional juga bertujuan menginspirasi untuk membaca, serta menarik perhatian pada buku anak-anak khususnya. Peringatan ini dibuat dan perayaan tahunannya diselenggarakan oleh International Board On Books For Young People (IBBY).

Sejarah Hari Buku Anak Internasional

Sejarahnya, seperti dilansir situs IBBY, sejak tahun 1967, pada atau sekitar hari ulang tahun Hans Christian Andersen, yakni tanggal 2 April, Hari Buku Anak Internasional dirayakan untuk menginspirasi kecintaan terhadap membaca dan untuk menarik perhatian terhadap buku anak-anak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hans Christian Andersen sendiri merupakan seorang penulis asal Denmark yang terkenal dengan dongengnya yang mencakup “The Ugly Duckling”, “The Little Mermaid”, dan “Thumbelina”. Kemudian IDDY menetapkan tanggal lahir Hans sebagai Hari Buku Anak Internasional.

Tema Hari Buku Anak Internasional 2024

Untuk peringatannya tahun ini, IBBY Japan yang berkesempatan menjadi sponsor resmi peringatan Hari Buku Anak Internasional 2024. Tema yang diusung adalah “Cross the Seas on the Wing of your Imagination” atau “Seberangi Lautan dengan Imajinasi Anda”.

Imajinasi merupakan kata kunci untuk peringatan Hari Buku Anak Internasional tahun 2024. JBBY percaya bahwa menumbuhkan imajinasi akan menghasilkan saling pengertian dan semangat toleransi. Berikut poster peringatan Hari Buku Anak Internasional 2024:

Hari Buku Anak Internasional 2024Poster Hari Buku Anak Internasional 2024 (Foto: Dok. IBBY Japan)

Twibbon Hari Buku Anak Internasional 2024

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Buku Anak Internasional 2024, kamu juga bisa menggunakan twibbon untuk dibagikan ke media sosial. Berikut daftar twibbon dari Twibbonize yang bisa digunakan:

Twibbon Hari Buku Anak Internasional 2024Twibbon Hari Buku Anak Internasional 2024 (Foto: Twibbonize)

Berikut langkah-langkah memasang foto pada twibbon:

  1. Pilih salah satu twibbon yang ingin dipakai dari link di atas.
  2. Kemudian, akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik ‘Pilih Foto’.
  3. Pilih foto yang akan digunakan di twibbon, lalu klik OK.
  4. Foto yang dipilih akan muncul di twibbon. Letak foto dapat digeser kemudian klik ‘crop’.
  5. Twibbon sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik ‘download’ dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Simak juga ‘Saat DeLiang, Sosok Bocah 11 Tahun yang Sukses Jadi Penulis Buku’:

[Gambas:Video 20detik]

(wia/idn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *