Jakarta

Tarif tol Trans Jawa diskon 20% mulai besok. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berharap kebijakan itu dapat memecah waktu keberangkatan mudik masyarakat guna mengurangi potensi kemacetan saat puncak arus mudik Lebaran 2024.

Hal itu disampaikan Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso usai menghadiri acara Dialog Publik bertajuk ‘Operasi Ketupat dan Strategi Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2024’di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).

“Dengan adanya diskon 20 persen di seluruh jalan tol mulai dari tanggal 3 (April) besok pagi jam 5. Tanggal 3 (April) sampai tanggal 4 (April). Kemudian tanggal 17 (April) sampai tanggal 19 (April) itu diharapkan bisa adanya pemerataan pemudik maupun balik, tidak menumpuk pada satu waktu pada puncak mudik dan puncak balik,” kata Slamet.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Slamet mengungkapkan, diskon tarif tol ini kurang efektif memecah waktu keberangkatan para pemudik pada tahun sebelumnya. Alasannya, karena kebijakan itu diluncurkan mendekati puncak arus mudik.

“Iya itu temuan, temuannya kurang efektif pemotongan diskon itu. Karena informasinya yang terlalu mepet, sehingga publikasi kepada masyarakat mepet. Kebetulan ini sekarang sudah lebih awal. Semoga ini jauh lebih efektif,” ucap dia.

“Imbauannya tetap sama, hindari pelanggaran supaya terhindar dari kecelakaan supaya mudik bisa aman ceria dan E-Tol jangan lupa siapkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, tarif Tol Trans Jawa didiskon 20% dan berlaku mulai 3 April 2024. Diskon tarif ini diterapkan untuk memperlancar arus mudik dan arus balik.

“Kebijakan ini dimaksudkan untuk mengurangi konsentrasi atau kepadatan lalu lintas terutama di jalan tol pada periode tersebut,” katanya, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Diskon tarif tol 20% ini diberlakukan ruas utama jalur mudik dan jalur balik, yaitu pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan keluar/exit Gerbang Tol Kalikangkung meliputi ruas Tol Palimanan-Kanci, Semarang-Batang dan Jakarta-Cikampek.

Dia mengatakan, untuk arus mudik diskon berlaku mulai 3 April pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

“Untuk arus balik, akan dimulai tanggal 16 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” katanya.

Sedangkan untuk tarif tol luar Jawa juga akan diberikan diskon. Namun, Muhadjir tidak menyebutkan besaran diskon tersebut, namun diskon ini akan berlaku selama 17 hari.

“Sedangkan untuk gerbang tol non Jawa, pemberian diskon akan berlaku selama 17 hari mulai tanggal 5 April 2024 sampai dengan 19 April 2024,” tuturnya.

Simak juga ‘Saat Kemenparekraf Usul Hotel Berikan Diskon di Momen Ramadan’:

[Gambas:Video 20detik]

(ond/eva)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *