Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meninjau kesiapan mudik di sejumlah lokasi di antaranya Pelabuhan Merak, Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Indah. Jenderal Sigit akan melanjutkan peninjauan kesiapan mudik di Jawa hingga Pelabuhan Gilimanuk Bali.

“Tadi saya jelaskan bentar lagi kita ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan mungkin juga Pelabuhan Gilimanuk Bali serta bandara-bandara,” kata Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan di DPP PUI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024)

Jenderal Sigit menjelaskan peninjauan ini dilakukan untuk meminimalisir potensi kecelakaan dan kejahatan kriminalitas lainnya. Dia berharap masyarakat Indonesia dapat melaksanakan mudik dengan aman dan lancar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi dalam beberapa waktu ke depan ini kita akan mengecek langsung khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan mungkin juga wilayah Bali, untuk memastikan kesiapan dari masing-masing satuan yang tentunya di dalamnya kita bergabung dengan beberapa stakeholder untuk memastikan bahwa jalur, kemudian fasilitas penunjang, kemudian potensi potensi terjadinya rawan laka, semua bisa kita minimalisir,” kata Jenderal Sigit.

“Sehingga kita harapkan di tahun ini pemudik yang berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan meningkat lagi, hampir 56 persen, betul-betul bisa kita berikan pelayanan yang terbaik, sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik walaupun jumlahnya jauh lebih besar, namun semuanya kita harapkan bisa terkelola dengan baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit mengatakan pemetaan lokasi rawan mudik juga telah dilakukan. Dia mengatakan apel gelar pasukan akan digelar untuk memulai pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2024.

“Saya kira kita sudah pernah rapat lintas sektoral, sehingga kemudian titik-titik yang menjadi potensi permasalahan baik itu kemacetan, itu kejahatan, semuanya sudah kita petakan dan bentar lagi kita akan laksanakan apel gelar pasukan untuk memulai proses pelaksanaan Operasi Ketupat, dalam rangka melayani kegiatan persiapan arus mudik dan balik,” ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan mudik Lebaran 2024 di sejumlah titik di Provinsi Banten. Kapolri berharap perjalanan mudik masyarakat pada Lebaran tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

Ada empat titik yang ditinjau Kapolri dalam kesiapan mudik Lebaran 2024 yaitu Pelabuhan Merak, Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Indah Kiat. Kapolri mengatakan Pelabuhan Merak menjadi pelabuhan penyeberangan yang bakal dipadati pemudik pada momen libur Lebaran nanti.

“Sebagaimana kita ketahui, Pelabuhan Merak merupakan pelabuhan penyeberangan penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang tentunya akan dipadati oleh masyarakat yang akan melaksanakan mudik ke arah Sumatera,” kata Kapolri seusai peninjauan di Banten, Senin (1/4/2024).

Untuk mencegah kemacetan arus mudik di penyeberangan, Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian PUPR telah menandatangani SKB pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024/1445 H. Pengaturan penyeberangan ini akan mulai berlaku pada 3 April 2024 pukul 00.000 WIB sampai 9 April 2024 pukul 24.00 WIB.

(mib/zap)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *