Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU baru pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun. Tonny mengaku belum mengetahui penunjukan itu namun memohon doa.

Diketahui, Marsekal Fadjar lahir pada 9 April 1966. Artinya, pada 9 April 2024 ia akan berusia 58 tahun dan memasuki usia pensiun. Hal ini merujuk Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Pada pasal 53 UU TNI disebutkan prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara dan tamtama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Marsekal Fadjar dilantik menjadi KSAU pada 20 Mei 2020 lalu. Pelantikan berdasarkan Keppres Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara dan Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI.

Marsdya Tonny Mohon Doa

Marsdya Tonny mengaku belum tahu soal Keputusan Presiden (Keppres) yang berisi penunjukannya sebagai KSAU.

“Oh alhamdulillah (kalau ada keppres penunjukan), saya malah belum tahu,” kata Marsdya Tonny saat ditemui di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Tonny enggan bicara banyak tentang keputusan Presiden Jokowi yang menunjuknya sebagai KSAU baru pengganti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Marsekal Fadjar akan memasuki masa pensiun pada 9 April nanti.

Jokowi meneken keppres penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU pada 25 Maret 2024. Terkait penunjukan itu, Tonny mengatakan masih menunggu keputusan langsung dari presiden.

“Amin. Ya kan masih calon, kami masih menunggu keputusan presiden, mohon doa restunya,” ucap Tonny.

“Nanti kalau sudah ada kepastian pelantikan, baru saya berani,” imbuhnya.

Tonny juga mengaku belum menerima undangan pelantikan. “Belum, belum ada. Mohon doanya,” tutupnya.

Pimpinan Komisi I DPR Sebut Karir Tonny Cemerlang

Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari memuji sosok Marsdya Tonny. Kharis menyebut Tonny memiliki rekam jejak karier bagus selama di TNI Angkatan Udara (AU).

“Pak Tonny jenderal yang baik, yang saya kira kariernya juga bagus selama di Angkatan Udara dan tahapan-tahapannya bagus dalam meniti jabatan itu ya,” kata Kharis di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Kharis menilai Marsdya Tonny tepat menduduki jabatan barunya itu. Dia berharap Marsdya Tonny dapat bekerja sama dengan Komisi I DPR sebagai komisi yang membidangi pertahanan.

“Saya kira tepat orang itu. Harapannya dia bekerja profesional, menjadi mitra Komisi I yang baik, untuk KSAU yang saya kira wilayah udara Indonesia ada di tangan beliau,” katanya.

Simak profil Tonny Harjono di halaman berikut



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *