Jakarta

TNI mengungkap sudah mulai memperbaiki rumah terdampak kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Kabupaten Bogor. Hingga kini total 44 rumah sudah diperbaiki.

“Sampai saat ini yang sudah dikerjakan 44 rumah, yang atapnya runtuh genteng nya bocor segala macam. Kita sudah bantu itu, sesegera mungkin (rampung). Semakin cepat semakin bagus,” kata Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (3/4/2024).

Kristomei mengatakan hingga kini 7 rumah masih belum bisa ditempati. Hal itu lantaran masih dilakukan serangkaian proses sterilisasi usai insiden kebakaran terjadi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya terima informasi dari Kodim ada 7 rumah yang belum boleh ditempati karena mash sterilisasi. Nanti kita kalau bisa secepatnya selesai dianggap steril segera,” ujarnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan dugaan pemicu kebakaran lantaran amunisi yang sudah kedaluwarsa. Dia menyebutkan amunisi yang expired menjadi lebih mudah sensitif dan labil.

“Ya memang kalau sudah expired itu relatif sensitif dia, labil, dia kena gesekan, gerakan, kena panas dia akan mudah, mudah meledak. makanya kita punya SOP penggudangannya itu, di bawah tanah gitu ya,” ujar Jenderal Agus.

“Jadi di bawah tanah karena labil tersebut dan sewaktu-waktu bisa meledak. itu SOP kita. Penyimpanannya di bawah tanah kemudian ada tanggul dan jauh dari permukiman masyarakat,” pungkasnya.

(wnv/azh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *