Jakarta

Hakim mengungkap kedekatan antara Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif Hasbi Hasan dan artis Yunita Bastari Usman atau Windy Idol. Hakim menyebutkan kedekatan itu terlihat dari foto bersama Hasbi dan Windy.

“Kedekatan hubungan tersebut dilihat dari dokumen elektronik berupa foto-foto yang diambil dari dokumen elektronik berupa foto-foto terdakwa dengan Windy yang diambil pada satu unit laptop merek Apple model a dan seterusnya, milik Windy Yunita Bastari Usman sebagaimana bang bukti nomor 443,” kata hakim saat membacakan pertimbangan amar putusan Hasbi Hasan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Hakim mengatakan terdapat foto yang menunjukkan kebersamaan Hasbi dan Windy saat menerima fasilitas paket wisata helikopter di Bali. Kemudian, ada juga foto yang menunjukkan kebersamaan Hasbi dan Windy di sebuah toko elektronik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Menimbang bahwa berdasarkan dokumen elektronik sebagaimana dari barang bukti milik Windy Yunita Bastari Usman berupa 1 unit laptop merek Apple model a dan seterusnya ditemukan dokumen elektronik berupa kebersamaan terdakwa dengan Windy Yunita Bastari Usman dalam menerima fasilitas wisata helikopter di Bali. Selanjutnya juga terdapat foto antara terdakwa dengan Windy Yunita Bastari Usman sedang melihat kulkas di sebuah toko elektronik,” ujarnya.

Selain itu, hakim mengungkap ada momen kebersamaan Hasbi dan Windy menikmati wisata Telaga Sarangan di Magetan. Hakim menyebutkan ada juga foto yang memperlihatkan kebersamaan mereka di Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur.

“Kebersamaan Terdakwa dengan Windy sedang menikmati wisata Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan yang juga ada dokumen elektronik kebersamaan Terdakwa bersama Windy di Universitas Gontor Jawa Timur,” ujar hakim.

Hakim mengatakan Hasbi juga terbukti menerima fasilitas hotel. Hakim mengatakan Hasbi menggunakan fasilitas hotel itu sebagai posko untuk membahas pengurusan perkara di MA dan kepentingan pribadi bersama Windy yang dipanggil Hasbi sebagai ‘tuan putri’.

“Terdakwa adalah pihak yang menerima fasilitas penginapan Fraser Residence Menteng kamar 510 selain untuk posko bersama, juga untuk kepentingan pribadi terdakwa yaitu menggunakan fasilitas penginapan tersebut bersama Windy Yunita Bastari Usman atau yang biasa dipanggil terdakwa dengan sebutan tuan putri,” kata hakim.

“Hal ini diperkuat dengan alat bukti dan barang bukti yang telah ditunjukkan di persidangan serta keterangan terdakwa yang menerangkan tidak pernah melakukan pembayaran sehingga penerimaan fasilitas sewa kamar hotel Fraser Residence Menteng kamar 510 adalah tidak sah,” imbuh hakim.

Hasbi Hasan divonis 6 tahun penjara. Hukuman ini lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menuntut Hasbi dijatuhi hukuman 13 tahun dan 8 bulan penjara.

Hasbi Hasan dinyatakan terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP dan Pasal 12 B UU RI No 31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001 juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Saksikan Live DetikSore:

Simak Video ‘Hasbi Hasan Akan Ajukan Banding Setelah Divonis 6 Tahun Penjara’:

[Gambas:Video 20detik]

(mib/zap)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *