Jakarta

Komisi VI DPR RI menggelar rapat bersama BUMN Jasa Logistik hingga PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) terkait persiapan menghadapi mudik 2024. PT PELNI sempat menyampaikan prediksi sejumlah pelabuhan yang akan dipadati masyarakat selama mudik.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI Sarmuji, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/4/2024). Dalam paparannya, Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani mengatakan telah memperkirakan 6 pelabuhan terpadat di Indonesia saat mudik.

“Dengan proyeksi 6 pelabuhan terpadat, Makasar, Balikpapan, Ambon, Baubau, Surabaya dan Belawan,” ujar Tri dalam paparannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan sebaran penumpang pada tahun ini, akan lebih banyak di wilayah tengah Indonesia. Yaitu dengan rincian wilayah Barat 26 persen, wilayah Tengah 44 persen, dan Timur 30 persen.

“Sebaran penumpang tahun ini di Barat 26 persen, di Tengah 44 persen dan di Timur 30 persen,” ucapnya.

Sedangkan ruas lajur kapal terpadat, kata dia, semuanya juga telah dipetakan. Ada 13 ruas lajur kapal yang telah dipetakan sebagai jalur terpadat.

“Kemudian ruas padat telah kami maping, yang menjadi perhatian kami di tahun ini sudah kami petakan berada di 13 ruas dengan pemetaan ini kami dapat menetapkan kapal-kapal mana saja yang akan kami reroute,” tuturnya.

(ial/maa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *