Jakarta

Berangkat lebih awal menjadi solusi agar mudik terhindar dari kemacetan lalu lintas. Salah satunya dilakukan saat H-6 lebaran.

detikcom melakukan perjalanan mudik ke Tasikmalaya berangkat dengan bus dari kawasan Cililitan, Jakarta Timur, pada Kamis (4/4/2024). Sekitar pukul 19.30 WIB, bus melaju masuk ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Di dalam Tol Japek dari arah Jakarta menuju Cikampek lalu lintas terpantau masih lengang. Pada H-6 Lebaran 2024 ini tampaknya belum terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik dari arah Banten-Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya serta Jawa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalin Tol Japek H-6 lebaran 2024Foto: Lalin Tol Japek H-6 lebaran 2024 (Farih/detik)

Situasi di sejumlah rest area masih tampak normal alias tidak padat oleh kendaraan pemudik. Misalnya di Rest Area KM 39 Japek yang terlihat masih lengang dari kendaraan pemudik yang sekadar istirahat atau isi bensin.

Meski belum ramai mobil pemudik yang melintas, posko-posko pengamanan mudik sudah dibangun di beberapa titik. Termasuk di Rest Area KM 39 yang telah berdiri pos pengamanan dari Polda Metro Jaya.

Bus terus melaju hingga ke Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama 1, perjalanan menuju Bandung. Dari GT Kalihurip hingga GT Cileunyi, Bandung, juga belum tampak ramai kendaraan pemudik, lalu lintas terpantau masih normal.

Perjalanan dari Cililitan hingga Cileunyi cukup ditempuh dalam waktu 3 jam saja. Menjelang tengah malam, bus melaju ke arah Garut-Tasikmalaya melewati jalur arteri usai keluar tol di GT Cileunyi.

Di kawasan Rancaekek hingga Nagreg, lalu lintas sedikit ramai motor dan mobil meskipun sudah hampir tengah malam. Beberapa kendaraan pemudik tampak melintas di sini, baik pemudik dengan sepeda motor atau mobil pribadi.

Rancaekek, lalin padat merayapFoto: Rancaekek, lalin padat merayap (Farih/detik)

Mereka melaju ke arah kawasan Priangan Timur yakni Garut, Tasikmalaya, hingga Ciamis. Pumudik yang pakai motor terlihat berboncengan membawa tas besar penuh berisi, ada juga yang sendiri membawa barang-barangnya diikat di jok belakang motor.

Melihat dari pelat kendaraanya, tampaknya mereka hendak mudik ke wilayah Purwokerto hingga Magelang, Jawa Tengah. Karena lalu lintas cukup padat, sejumlah polisi dari Polresta Bandung terlihat melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan Nagreg.

Lalu lintas H-6 Lebaran 2024 di kawasan NagregLalu lintas H-6 Lebaran 2024 di kawasan Nagreg Foto: Lalu lintas H-6 Lebaran 2024 di kawasan Nagreg (Farih/detik)

Selepas Nagreg, lalu lintas di Limbangan, Malangbong, hingga ke terminal bus di Kota Tasikmalaya cukup lancar. Tak ada kemacetan berarti yang membuat antrean panjang dari kendaraan yang melintas. Perjalanan mudik pun aman, nyaman, dan lancar sampai tujuan, yakni Kota Tasikmalaya pada pukul 01.30 WIB, Jumat (5/4/2024)

(fas/dek)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *