Jakarta

Tradisi mudik saat Lebaran menjadi momen yang sangat dinantikan sebagian orang. Mereka bahkan sudah menyiapkan rencana mudik dari jauh-jauh hari, termasuk berburu tiket transportasi untuk perjalanan ke kampung halaman.

Salah seorang penumpang pesawat tujuan Banyuwangi, Linda Purwanti (28), mengaku telah memesan tiket pesawat sejak akhir Februari lalu. Menurutnya, harga tiket akan lebih mahal mendekati hari Raya Idul Fitri.

“Iya satu bulanan lebih (sebelum Lebaran), soalnya kan kalau penerbangan lokal kayak gini kan tiketnya mahal-mahal banget kan. Jadi harus dari jauh-jauh hari gitu dipantau harganya. Jadi better beli jauh-jauh hari. Soalnya kalau Maret harganya udah naik. Jadi emang belinya dari Februari,” tutur Linda di Terminal 2 Bandara Soetta, Kamis (4/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Linda. (Gisella/detikcom)Foto: Linda. (Gisella/detikcom)

Linda yang bekerja di Bintan, Kepulauan Riau, harus membeli tiket dua kali yakni Tanjung Pinang-Jakarta dan Jakarta-Banyuwangi. Dia mengatakan tidak sulit mendapatkan tiket pesawat tujuan Banyuwangi.

“Kebetulan karena aku dari Tanjung Pinang ke Jakarta kan maskapainya nggak banyak ya dan aku belinya kayak jauh-jauh hari jadi masih banyak lah tiketnya waktu aku beli. Kalau dari Jakarta ke Banyuwangi, mungkin karena demandnya nggak banyak, terus ini baru H-berapa lebaran ya, jadi nggak ada kesusahan sih belinya. Dari tahun kemarin juga kalau ke Banyuwangi nggak begitu ramai,” lanjutnya.

Lonjakan harga tiket pesawat menjelang lebaran juga dikeluhkan Azizah (21). Pemudik tujuan Padang ini sudah war tiket pesawat sejak sebulan lalu.

“Tiket ke Padangnya itu mahal banget. Bener-bener mahal banget sekarang apalagi mendekati lebaran gitu. Tapi alhamdulillah kemarin aku dapet tiket yang lumayan, ngga yang mahal banget, tapi ngga yang murah juga. Standar lah ya untuk di saat ini, saat-saat mau lebaran. Dan alhamdulillahnya aku dapet maskapai yang aku inginkan,” sambungnya.

Harga tiket yang murah membuat Azizah meniatkan untuk pulang kampung lebih awal. Bahkan dia harus izin work from home dari kantor tempatnya magang.

“Untungnya aku bisa pulang satu minggu sebelum lebaran. Karena di kantor aku itu masuknya cuma 3 kali seminggu,” jelasnya.

Di sisi lain, penumpang pesawat bernama Hasan (22) justru baru membeli tiket pesawat menjelang hari keberangkatan. Dia baru berburu tiket pesawat ke Pekanbaru di akhir Maret kemarin.

“Saya pesen tanggal 28 kemarin, 28 Maret,” tutur Hasan.

Hasan memang menunggu momen menjelang lebaran untuk membeli tiket. Menurutnya harga tiket pesawat akan turun menjelang hari keberangkatan.

“Iya bener (mepet). Kan kemarin karena nunggu-nunggu turun gitu (harga tiketnya). Sekarang juga sudah turun lagi sekarang. Yang udah mau berangkat sekarang udah turun. Ngga (kehabisan tiket). Kalau yang tadi saya lihat dicek lebih murah. Tadi pagi saya cek,” ujarnya.

(idn/idn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *