Jakarta

Kapolri Jenderal Lisyto Sigit Prabowo melanjutkan peninjauan kesiapan mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur. Jenderal Sigit ingin memastikan kesiapan bus mudik hingga prasarana di lokasi.

“Baru saja kami melaksanakan peninjauan Terminal Purabaya secara langsung untuk memastikan kesiapan bus, pengemudi, sarana dan prasarana, serta personel yang bertugas melayani pemudik pada Lebaran Idul Fitri Tahun 2024/1445 H,” kata Kapolri di lokasi, Kamis (4/4/2024).

Kapolri mengatakan Terminal Purabaya merupakan Terminal Induk yang menjadi salah satu sentral mobilitas pemudik. Terminal ini melayani pemudik yang datang dari luar Jawa Timur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Terminal ini melayani perjalanan Antar Kota Dalam maupun Antar Provinsi yang menghubungkan Pemudik yang datang dari luar Provinsi Jawa Timur seperti Merak, Denpasar, Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Cilacap, Magelang, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, dll. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kab/Kota lain di wilayah Jawa Timur,” katanya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjua terminal Purabaya, SidoarjoKapolri, Panglima TNI hingga Menhub tinjau terminal Purabaya, Sidoarjo (Foto: dok. Istimewa)

Jenderal Sigit melanjutkan bahwa berdasarkan survei Kemenhub, sebanyak 193,6 juta orang akan mudik tahun ini. Jawa Timur, kata dia, menjadi daerah keberangkatan dan tujuan utama para pemudik.

“Terlebih lagi, Jawa Timur menjadi daerah keberangkatan dan tujuan utama bagi para pemudik, di mana 31,3 juta pemudik berasal dari Jawa Timur, 37,6 juta pemudik akan menuju ke Jawa Timur,” katanya.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit menyebut penyedia bus telah menyiapkan 1.000 bus tambahan di terminal ini. Bus ini bisa digerakkan bila diperlukan.

“Tentunya Polri bersama seluruh stakeholder, berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik demi mewujudkan mudik yang aman, nyaman, dan lancar bagi masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran,” sebut dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjua terminal Purabaya, SidoarjoKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau terminal Purabaya, Sidoarjo (Foto: dok. Istimewa)

Selain itu, 1 pos terpadu disiapkan di Terminal Purabaya dengan 74 personel gabungan disiagakan. Pos ini dilengkapi dengan fasilitas ruang istirahat, musala, pelayanan kesehatan, ruang bermain anak, dan ruang laktasi.

“Terkait dengan aspek keamanan, Polri bersama Dishub telah menyiapkan pelayanan kesehatan bagi para pengemudi berupa tes urine untuk pengecekan narkoba, alkohol, dan pengecekan tensi darah. Melalui pemeriksaan tersebut, diharapkan masyarakat dapat merasa aman menggunakan bus sebagai transportasi umum,” katanya.

(lir/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *