Jakarta

Gojek terus berupaya menjaga kesejahteraan mitra driver melalui program Gojek Swadaya. Program yang telah memasuki tahun ke-8 ini merupakan inisiatif Gojek untuk meringankan biaya operasional mitra driver dan keluarganya.

Selama Ramadan 2024, Gojek menghadirkan program Swadaya Mudik dan Lebaran hingga Bazar Swadaya. Melalui program Berbagi Kebaikan Grup GoTo, Gojek juga memfasilitasi berbagai komunitas mitra driver Gojek se-Indonesia dalam melakukan kegiatan sosial, termasuk bakti sosial dan dana kemanusiaan.

“Swadaya merupakan salah satu program yang konsisten kami hadirkan setiap tahun untuk meringankan biaya operasional mitra seperti voucher diskon untuk perawatan kendaraan, pulsa, dan bantuan kebutuhan sehari-hari lainnya, hingga akses ke layanan keuangan seperti tabungan, pinjaman, asuransi murah dan beasiswa anak mitra. Dua program khusus selama Ramadan ini lahir dari aspirasi para mitra driver mengenai pentingnya program ini untuk keberlanjutan yang positif di seluruh ekosistem Gojek,” ujar Chief of Public Policy & Government Relations GoTo Group Ade Mulya dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas atensi penuh dan apresiasi dari pemerintah, termasuk Kementerian Perhubungan dalam mendukung misi kami dalam menjaga kesejahteraan mitra driver,” sambungnya.

Program Kebaikan Gojek Swadaya Selama Ramadan

1. Swadaya Mudik dan Lebaran

Menjelang Idulfitri, Gojek kembali menghadirkan program Swadaya Mudik dan Lebaran. Bersama partner Swadaya, Gojek menghadirkan berbagai program yang memudahkan persiapan pulang ke kampung halaman jelang Lebaran yang terdiri dari:

  • Pengecekan kesehatan bersama dengan Kimia Farma dan Halodoc.
  • Persiapan dana mendesak saat libur lebaran dengan GoPay Pinjam.
  • Asuransi atau jaminan perjalanan mudik dengan Prodigi.
  • Paket Data Internet Swadaya dari Telkomsel, Tri, XL, IM3, dan Smartfren untuk kelancaran silaturahmi dengan sanak saudara.
  • Promo perawatan kendaraan di beberapa Partner Swadaya untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan mudik.

Sebelumnya pada 2023, program dalam bentuk voucher perawatan kendaraan telah diminati oleh puluhan ribu mitra driver dengan penghematan hingga Rp 385 juta. Tak hanya itu, promo khusus mudik mulai dari diskon tiket kereta api, elektronik, kesehatan, pakaian hari raya dan kebutuhan penunjang mudik dan lebaran lainnya juga turut dimanfaatkan oleh lebih dari 10 ribu mitra driver.

2. Bazar Swadaya

Selama Ramadan 2024, Gojek juga turut menyediakan paket sembako dengan harga terjangkau untuk mitra driver melalui program Bazaar Swadaya. Kegiatan ini digelar di kantor operasional Gojek tiap daerah sehingga mitra driver nantinya dapat membeli paket sembako dengan harga terjangkau.

Program ini merupakan pengembangan dari program Bazaar Swadaya tahun 2023 yang telah diakses lebih dari 175 ribu mitra driver dengan nilai penghematan mencapai Rp 1,7 miliar selama Ramadan 2023. Bazar ini juga diikuti Mega Kopdar halal bihalal di berbagai wilayah untuk mempererat kebersamaan antar mitra driver dan karyawan Gojek.

Apresiasi terhadap Program Gojek Swadaya

Hadirnya program Gojek Swadaya mendapat respons positif dari berbagai pihak, khususnya mitra driver. Berdasarkan temuan Lembaga Demografi FEB UI pada 2023, sebanyak 58% mitra GoCar dan 66% mitra GoRide menyatakan dukungan Gojek seperti Swadaya dapat digunakan untuk meringankan beban operasional mitra, dengan pemberian diskon pulsa, perawatan kendaraan, dan asuransi sebagai pilihan utama.

Apresiasi juga datang dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, yang menyebut Gojek dan para mitra driver memiliki semangat untuk berbagi,

“Di tengah rutinitas mitra driver Gojek dalam memberikan pelayanan terbaik dan mendukung perkembangan perekonomian nasional, rasa tanggung jawab sosial mereka untuk dapat terus berbagi dengan sesama sangat perlu diapresiasi. Solidaritas teman-teman mitra driver Gojek terlihat dalam komitmennya untuk berkontribusi lebih kepada lingkungan masyarakat di sekitarnya melalui berbagai kegiatan Bakti Sosial di bulan Ramadan ini,” ungkapnya.

“Harapannya, inisiatif baik dari mitra driver Gojek ini dapat menjadi inspirasi untuk seluruh masyarakat agar terus peduli dan berbagi dengan sesama. Semoga semangat kekeluargaan dan gotong royong yang telah terbangun di dalam keluarga besar Gojek bersama jutaan mitra drivernya di seluruh Indonesia dapat terus dipertahankan,” pungkas Budi.

Sebagai informasi, dalam acara buka puasa bersama yang diselenggarakan hari ini, Kementerian Perhubungan juga meresmikan kegiatan sosial yang diinisiasi komunitas mitra driver Gojek dalam program Berbagi Kebaikan Grup GoTo. Tercatat, sebanyak tiga ton beras, 580 dus mie instan, 400 liter minyak goreng, dan 390 kilogram gula telah dibagikan kepada ribuan anak yatim piatu dan lansia oleh ratusan komunitas mitra driver Gojek di belasan Kota/Kabupaten se-Indonesia.

(akn/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *