Jakarta

Kepala Sub Bagian Mutasi Jabatan Biro Sumber Daya Manusia (Kasubbag Mutjab) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Kompol Sony Rizki Anugrah, dikenal sebagai founder aplikasi digital PET-C (Police English Training Center). Dia diketahui merupakan kandidat Hoegeng Corner 2023, dan atas inovasinya diusulkan kembali sebagai kandidat Hoegeng Awards 2024.

Salah satu mahasiswi Universitas Palangka Raya, Tata, menuturkan dirinya sempat memanfaatkan aplikasi PET-C.

“Saya awalnya lihat karena tampilan aplikasinya juga kayak bagus gitu. Terus saya penasaran juga karena dulu waktu SMA juga jurusan Bahasa. Jadi saya penasaran dengan aplikasinya,” kata Tata kepada detikcom, Senin (25/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tata mengaku mengunduh PET-C. Menurutnya aplikasi tersebut membantunya memperkaya kosa kata Bahasa Inggrisnya, terutama terkait dengan istilah-istilah di kepolisian.

Download, saya coba, lumayan membantu sih. Kadang tuh ada video pembelajarannya juga. Karena nggak semua aplikasi, ada video pembelajaran kayak gitu, sama ada artikel (Bahasa Inggris) juga,” jelas Tata.

Mahasiswi jurusan Ekonomi Pembangunan ini menyebut artikel di aplikasi PET-C umumnya seputaran kejadian atau informasi di Tanah Air. Jika sedang menggunakan aplikasi ini, biasanya ketertarikan Tata tertuju pada kanal Hot News.

“Berita seputar Indonesia artikelnya. Berita-berita aja sih yang hot news saja,” terang Tata.

Awal mula Tata mengetahui adanya akun PET-C, lantaran dirinya mem-follow Instagram Polda Kalimantan Tengah, dan akun-akun media sosial jajaran Polda Kalimantan Tengah. Seingat Tata, pada 2022 akhir atau 2023 awal dia melihat unggahan terkait PET-C di Instagram Biro SDM Polda Kalimantan Tengah.

“Sebetulnya saya sudah follow dari lama IG SDM Polda Kalteng. Teman saya ada yang jadi Duta Humas Polda Kalteng, Gloria Esteriana dia mahasiswa. Dari situ saya lihat akun-akunnya (medsos satuan kerja Polda Kalteng) yang lain,” ucap Tata.

Aplikasi digital untuk belajar Bahasa Inggris inovasi (Kasubbagmutjab Bagbinkar Ro SDM Polda Kalteng), Kompol Sony Rizky Anugrah.Foto: Aplikasi digital untuk belajar Bahasa Inggris inovasi (Kasubbagmutjab Bagbinkar Ro SDM Polda Kalteng), Kompol Sony Rizky Anugrah. (dok. istimewa)

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *