Jakarta

Tonny Harjono resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowo). Dengan begitu, Tonny pun resmi naik pangkat menjadi Marsekal TNI.

Upacara kenaikan pangkat itu terselenggara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Kenaikan pangkat ini sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 26 TNI Tahun 2024.

“Menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Marsdya Tonny menjadi Marsekal TNI,” isi keputusan presiden yang dibacakan di lokasi pelantikan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi yang berdiri di hadapan Tonny kemudian menghampiri Tonny. Ia menyematkan pangkat baru di lengan Tonny.

Sebelumnya, prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Sesmilpres membacakan keputusan presiden. Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan KSAU dan diikuti Tonny.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Jokowi yang kemudian diikuti Tonny.

Setelah itu, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi saksi penandatanganan berita acara tersebut.

Turut hadir dalam pelantikan ini Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

(isa/knv)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *