Jakarta

Kereta cepat Whoosh untuk pertama kalinya bakal melayani penumpang mudik lebaran. Sebanyak 52 perjalanan kereta cepat dioperasikan setiap harinya dengan kapasitas 31.222 penumpang.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kereta Whoosh akan menjadi opsi moda transportasi pada mudik tahun ini. Diprediksi akan ada 7,3 juta penumpang yang bakal mudik.

“Tahun ini pertama kalinya kereta Whoosh melayani arus mudik lebaran dengan 52 perjalanan per hari, dengan kapasitas 31.222 (penumpang) per hari,” ujar Kartika Wiroatmojo di Stasiun Gambir, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika dicek di aplikasi, kereta cepat Whoosh mengalami kenaikan harga pada momen lebaran tahun ini. Tiket kelas premium ekonomi dibanderol Rp 250.000 sampai Rp 300.000 per orang.

Selanjutnya, Kartika Wirjoatmojo berpesan kepada seluruh petugas posko angkutan lebaran untuk memastikan keselamatan dan keamanan penumpang. Dia meminta petugas untuk secara berkala melakukan monitoring dan pengecekan langsung di lapangan.

“Terutama memastikan keselamatan perjalanan KAI, agar kewaspadaan ditingkatkan, terutama di daerah rawan banjir, longsor, ambles sehingga bdapat meminimalisasi risiko yang timbul di lokasi tersebut,” katanya.

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (Taufiq Syarifudin/detikcom)Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (Taufiq Syarifudin/detikcom)

PT KAI bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk menyukseskan Posko Angkutan Lebaran 2024. Mulai dari Dinas Perhubungan, aparat keamanan, hingga tim tanggap bencana dari Basarnas.

“Kami pastikan seluruh komponen yang mengawal mudik 2024 dari KAI, Perhubungan, aparat keamanan, Basarnas, semua bisa bekerja dengan maksimal, memastikan pengguna KAI nyaman, aman, selamat, kembali lagi dengan selamat,” ungkapnya.

(dnu/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *