Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hari ini ikut melepas 90 ribu pemudik yang mengikuti program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Dalam kesempatan itu, Heru berpesan agar pemudik bersabar ketika menghadapi kemacetan di ruas jalan.

Pelesan mudik gratis diadakan di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat (5/4/2024) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Heru Budi mengapresiasi Erick Thohir beserta jajaran BUMN yang telah menggelar kegiatan ini untuk membantu warga Jakarta yang ingin mudik di kampung halaman. Heru meyakini program ini dapat menurunkan kecelakaan dan mengurangi kemacetan di jalur mudik.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat bisa mudik dengan selamat sampai ke kampung halaman dan gratis,” kata Heru Budi melalui keterangan tertulis, Jumat (5/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Heru mengucapkan selamat jalan kepada masyarakat yang berangkat mudik hari ini. Ia juga mengingatkan agar para pemudik menjaga kesehatan selama perjalanan.

“Tentunya mudik butuh kesabaran jika mengalami kemacetan. Sekali lagi, Pemprov DKI mengucapkan selamat kembali pulang kampung. Semoga selamat sampai di kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada warga yang mudik agar memastikan keamanan rumah selama ditinggal. Sementara itu, ia juga berpesan kepada camat dan lurah untuk menjaga lingkungan rumah warga selama mudik.

“Rumah harus aman, artinya listrik harus dipastikan aman. Lalu titipkan rumah kepada lurah dan jajarannya, ada Satpol PP dan Polsek terdekat agar bisa menjaga lingkungan yang ditinggalkan warga selama mudik,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kegiatan mudik gratis ini tidak hanya membantu masyarakat yang kurang mampu, melainkan mengurangi jumlah pemudik yang mengendarai motor sehingga keamanan warga di jalan lebih terjaga.

“Saya senang karena selama lima tahun, Menteri BUMN berkontribusi dalam mudik gratis ini. Ini membuat selama dua tahun terakhir ini, angka kecelakaan di jalur mudik menurun dan jumlah pemudik naik sepeda motor juga menurun. Memang mudik gratis ini efektif, selain memberikan sumbangan ekonomi, juga sangat membantu keamanan lalu lintas di jalur mudik,” kata dia.

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 terselenggara berkat kerja sama antara Kementerian BUMN bersama 88 BUMN. Jumlah pemudik yang ikut dalam program ini sebanyak 90.000 orang, di antaranya peserta terbanyak adalah tujuan Jawa Timur sebanyak 30.000 orang, kemudian disusul Jawa Tengah dengan jumlah pemudik sebanyak 25.000 orang, Sumatera lebih dari 5.000 orang, dan Jawa Barat lebih dari 1.000 orang.

“Saya berharap program yang sudah berjalan selama lima tahun ini bisa terus kita lanjutkan. Karena ini bagian dari kepedulian BUMN, seperti arahan Presiden RI agar BUMN dapat hadir untuk meringankan kebutuhan masyarakat, terutama saat daya beli sedang menurun. Hari ini, kami BUMN bisa hadir membantu masyarakat agar dapat pulang ke kampung halamannya dengan aman, nyaman, dan gratis,” imbuh Erick.

(taa/lir)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *